• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by My College Blog - - 0 komentar

“Komparasi Kinerja Perusahaaan Bank dan Asuransi Studi Empiris di Bursa Efek Jakarta”.

Tema : Kinerja Bank Dan Asuransi



BAB I
PENDAHULUAN

 

Latar Belakang Masalah
-    Fenomena
Pembangunan nasional memerlukan pembiayaan dan investasi yang cukup besar. Di Indonesia peranan lembaga keuangan menjadi sangat penting dan strategis agar peran masyarakat dalam pembiayaan pembangunan dapat ditingkatkan. Untuk itu upaya pengembangan pasar modal, lembaga perbankan dan lembaga keuangan bukan bank terutama perusahaan asuransi menjadi tuntutan penting bagi pembangunan pada saat ini maupun pada masa yang akan datang.

-    Riset Terdahulu
Menurut teori (Thomas Suyanto, 1998:1), Bank dan perusahaan asuransi memiliki fungsi yang sama yaitu menarik uang dari dan menyalurkan kepada masyarakat, kedua badan usaha tersebut berfungsi sebagai penghimpun dana masyarakat untuk disalurkan kepada masyarakat terutama masyarakat bisnis sebagai badan usaha. Kedua jenis lembaga keuangan tersebut harus memiliki kinerja atau performance yang baik yang dicapai dari semua aktifitas usahanya. Performance berdasarkan kamus bisnis dan manajemen adalah hasil nyata yang dicapai, kadang-kadang dipergunakan untuk menunjukkan dicapainya hasil yang positif (Amin Wijaya, 1995:63).
Data keuangan perusahaan akan dapat bermanfaat bagi para pihak yang memerlukan apabila data tersebut dianalisis lebih lanjut. Dalam mengadakan analisis laporan keuangan suatu perusahaan memerlukan adanya alat tertentu. Alat yang paling umum digunakan adalah analisis rasio keuangan. Pengertian rasio itu sebenarnya hanyalah alat yang dinyatakan dalam “arithmatical term” yang dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua macam data finansiil (Bambang Riyanto, 1995:329).

-    Motivasi Penelitian
Motivasi penelitian tersebut bagi penulis dapat menjadi bahan pengetahuan antara kinerja Bank dan Asuransi, serta bagi Bank dan Asuransi yang listed di BEJ, penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah informasi kuantitatif mengenai kinerja keuangan bank dan asuransi tesebut pada suatu periode.

-    Masalah
1.    Bagaimanakah keadaan kinerja keuangan perusahaan bank dan asuransi yang listed di BEJ?
2.    Bagaimanakah fungsi Return On Assets (ROA), Quick Ratio (QR), Debt Ratio (DR), Struktur Modal (SM), Earning Per Share (EPS), Equity Per Share (EQPS), Return on Investment (ROI), yang terkandung dalam CAMEL sebagai alat pengukur kinerja keuangan bank dan asuransi?
3.    Apakah terdapat perbedaan yang berarti antara kinerja keuangan perusahaan bank dan asuransi yang listed di Bursa Efek Jakarta (BEJ) tahun 2005?
4.    Kinerja keuangan manakah yang lebih baik antara perusahaan bank dan asuransi?

-    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan utama penelitian ini adalah:
1.    Untuk mengetahui keadaan kinerja keuangan perusahaan bank dan asuransi yang listed di Bursa Efek Jakarta (BEJ) tahun 2005.
2.    Untuk mengetahui adakah perbedaan yang berarti antara kinerja keuangan perusahaan bank dan asuransi yang listed di Bursa Efek Jakarta (BEJ) tahun 2005.

DAFTAR PUSTAKA

Amin Widjaya Tunggal, 1995, Kamus Bisnis dan Manajemen, Rineka Cipta, Jakarta.

Bambang Riyanto, 1999, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.

Fred J Weston dan Thomas E. Copeland, 1992, Managerial Finance, Ninth Edition, The Dryden Press, Florida., Bumi Aksara, Jakarta.

Hadi Wahyono, 2002, Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Universitas Jember.

Helfert, 1999, Teknik Analisis Keuangan, Erlangga, Jakarta.

Lembaran Negara Republik Indonesia, 1992, Undang-undang Republik Indonesia No 2  Tahun 1992, Jakarta., 1992, Undang-undang Republik Indonesia No 7  Tahun 1992, Jakarta., 1995, Undang-undang Republik Indonesia No 8 Tahun 1995, Jakarta.

Martono, 2002, Bank & Lembaga Keuangan Lain, EKONISIA, Yogyakarta.

Munawir S, 1993, Analisa laporan keuangan, Edisi ke-4, Liberty, Yogyakarta

Ps Djarwanto dan Pangestu Subagyo, 1985, Statistik Induktif, edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE.

Riyadi, Selamet, 2006, Banking Assets and Liability Management, edisi ketiga, FE UI, Jakarta.
Suad Husnan dan Enny Pujiastuti, 1993, Teori Portofolio dan Implikasinya terhadap Manajemen Keuangan, BPFE, Yogyakarta.

Santoso Singgih, 2006, Menguasai STATISTIK di Era Informasi dengan SPSS 14, Elex Media Komputindo, Gramedia, Jakarta.

Suad Husnan dan Enny Pujiastuti, 1994, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Tugas ini diberikan oleh Bapak Prihantoro

Leave a Reply