• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by My College Blog - - 0 komentar

James H. Moor mendefinisikan etika komputer sebagai analisis menganai sifat dan dampak sosial dari teknologi komputer, serta bagaimana formulasi dan kebijakan yang sesuai agar dapat menggunakan teknologi tersebut secara etis.
Etika komputer terdiri dari dua aktivitas utama, dan orang yang paling bertanggung jawab dalam mengimplementasikan program-program etika tersebut adalah CIO.CIO harus : (1) waspada dan sadar bagaimana pengaruh komputer terhadap masyarakat, (2) menentukan kebijakan yang dapat memastikan bahwa teknologi tersebut digunakan secara akurat.
Satu fakta tang penting bukan hanya CIO yang bertanggung jawab dalam menangani masalah-masalah etika komputer. Para eks ekutif perusahaan lainnya juga turut bertangggung jawab. Keterlibatan selurur perusahaan merupakan keharusan mutlak agar implementasi etika komputer berjalan sesuia yang diharapkan. Semua manajer bertanggung jawab atas penggunaan komputer yang etis di area mereka masing-masing. Lebih jauh lagi, setiap pegawai harus bertanggung jawab ataas aktivitas-aktivitasnya yang berhubungan dengan komputer.
Alasan Pentingnya Etika Komputer
James H. Moor menyataka alas an pentingnya etika komputer ada 3, yaitu :

1.    Kelenturan Logika (Logical Malleability)
Kelenturan logika oleh moor adalah kita mampu memprogram komputer untuk melakukan apapun yang kita inginkan. Komputer bekerja akurat seperti yang diinstruksikan programernya. Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap  teknologi komputer karena apabila komputer digunakan untuk aktivitas yang tidak etis, maka orang yang  berada di belakang komputer yang harus dipersalahkan.

2.    Faktor Transformasi
Alas an etika komputer menjadi demikian penting karena terbukti bahwa penggunaan komputer tellah mengubah secara drastis cara-cara kita dalam melakukakn sesuatu. Inilah yang dimaksud factor transformasi. Kita bisa melihat jelas transformasi yang terjadi dalam caramelakukan tugas-tugas perusahaan. Contohnya surat elektronik (E-mail).

3.    Faktor Tidak Terlihat (Invisibility Factor)
Alas an ketiga perlunya etika komputer karena umumnya masyarakat menganggap komputer sebagai “kotak hitam” karena semua operasi internal komputer tidak dapat dilihat secara langsung. Tersembunyinya operasi internal komputer membuka peluang untuk membuat program secara sembunyi, membuat kalkulasi kompleks diam-diam, bahkan penyalahgunaan dan pengrusakan tiak terlihat.

Hak Masyarakat  Dan Komputer
Mason menciptakan istilah PAPA untuk menunjukkan 4 hak asasi masyarakat dalam hal informasi. Istilah PAPA adalah singkatan dari Privacy, Accuracy, Property, dan Accesibility (kerahasiaan, keakuratan, kepemilikan, dan kemudahan akses).

Leave a Reply